Selasa, 09 Desember 2008

IELSP-Road to America Part 5

Akhirnya, waktu yang dinanti datang juga. Wawancara penentu bakalan ke Amrik atau nggak bakalan diadain. Pukul stengah 7 aku dah berangkat dari rumah. Secara, waktu testnya bakalin diadain pukul 8. Di UNHAS pula. Butuh waktu setengah jam lebih untuk bisa sampai ke sana dari UIN. Tak lupa, kucium ke dua tangan ibu ma bapak.

Untuk persiapan kayaknya udah matang banget. Udah sempat browsing di internet coba cari bocoran tentang materi pertanyaannya. Terus, nyari-nyari pelajaran tentang budayanya orang Amrik sana. Belum lagi konsultasi ma dosen-dosen lulusan luar negeri tentang tata cara berinterview yang baik. Intinya. Eye contact.

Latihan interview menggunakan Bahasa Inggris pun dilakukan berkali-kali. Gak peduli dimana. Di atas motor, pas mau bobo, habis sholat, sampai-sampai pas lagi beol pun latihan ngejawab soal interview tetap dilaksanakan. Intinya satu. Biar nanti bisa lolos ke Amrik.

Sampai di UNHAS wawancara belum diadain. Sempat kebingungan juga nyari-nyari pusat bahasa UNHAS. Gak lama kemudian, satu persatu peserta akhirnya datang juga. Kalo ditotalin mungkin ada 30an. Semuanya dari 3 Universitas. UIN, UNHAS, ma UNM.

Lama menunggu, sang interviewer akhirnya tiba. Baru datang, sang ibu langsung nasehatin kalo kita gak usah terlalu banayak berharap. Soalnya, pengalaman tahun lalu, yang dilulusin cuman satu orang. Namun aku tetap optimis. Biarpun satu orang, kalo yang satu itu aku, tentu saja aku senang.

Akhirnya, interview yang menentukan itu dimulai. Pas orang pertama yang udah diinterview keluar, semua langsung nyambut. Nanya-nanya soal pertanyaan yang diajuin. Dia cuman bilang kalo pertanyaannya simple-simpel aja. Bahkan kita diinterview pake bahasa Indonesia. Wah, wah, wah, tau begini mending aja latihan interviewnya pake Bahasa Indonesia.

Dan gilirankupun tiba. Dengan jantung dag did dug gak karuan aku masuk. Salam dulu sebelumnya. Sang ibu terlihat ramah. Dia nanyain nama, jumlah saudara, lalu kemudian cita-cita. Ditanya begitu, aku bilang kalo aku mau kerja di UN (United Nation). Sang ibu kemudin nanya lagi, apa kamu merasa sudah pantas untuk UN. Aku jawab kalo untuk saat ini aku masih belum pantas, namun aku udah berada dalam jalur menuju kepantasan tersebut.

Sang ibu juga nanya soal organisasi. Aku bilang aja kalo aku anggota BEM Fak. Tarbiyah di UIN Makassar. Terus, aku juga Ketua Umum GaZEBO UIN Basketball Team. Sang ibunya langsung bilang kalo setahu dia pemain basket tuh seharusnya tinggi tinggi. Kok aku nggak. Aduh bu, biar gak tinggi menjulang, kita tetap boleh main basket.

Tak lupa ibu bertanya soal masalah sosial yang terjadi di Makassar. Aku bilang masalah condemnation atau penggusuran lagi marak-maraknya. Virus Condemnation dari Jakarta udah melanda daerah Makassar juga.

Terakhir, sang ibu nanyain kalo aku punya pertanyaan buat dia atau tidak. Aku cuman bertanya soal seberapa besar kemungkinan aku lolos. Sang ibu tersenyum dan bilang kalo lolos tidaknya bukan ditentukan ma dia. Yang tentukan pihak dari Jakarta. Sekali lagi sang ibu bilang jangan berharap telalu banyak.

Keluar dari tempat interview dengan perasaan lega. Yang membingungkan, SK masih kuliah kok ga diperiksa. Padahal, usaha buat ngedapatin Sirat Keterangan masih kuliah ini bukan kepalang. Tapi biarlah. Yang terpenting, aku sudah melewati masa interview.

Dan pada akhirnya, interview hari itu berkhir juga. Langsung aja pulang ke rumah. Dalam hati ada perasaan lega. Setidaknya interview udah dilewatin. Sekarang, sisa nunggu deringan hp dari Jakarta yang mengatakan kalo aku lulus. Please God, I do hope it.

0 komentar:

Posting Komentar

konro soup project /

My Colorful Life

My Colorful Life