Rabu, 09 Desember 2009

Memalukan

Korupsi bukan barang baru di negeriku. Ini sudah menjadi penyakit yang menyerang para pejabat hingga orang-orang berkuasa di tanah ini. Bahkan, kalau saja tukang becak bisa korupsi, maka kuyakin dia pun akan melakukan korupsi.

Hari anti korupsi tahun ini bertepatan dengan jadwal interview di Jakarta. Ibu kota hari ini diprediksi bakal macet total. Sekitar ratusan ribu orang digadang akan turun ke jalan menentang korupsi. Seandainya aku di Makassar, akupun akan melakukan hal yang sama. Karena akupun benci korupsi.

Meski dihadiri ratusan ribu orang, demonstrasi di ibu kota justru berjalan lancar dan damai. Hal memalukan justru terjadi di kampoeng halamanku, Makassar. Mahasiswa yang berunjuk rasa menjadi beringas. Menghancurkan kaca sebuah toko KFC dan juga beberapa kaca mobil mewah.

Untuk sejenak aku malu jadi anak Makassar. Apa kaitan KFC dan Century? Nalarku tak mampu mencerna. Masih pantaskah mereka disebut Mahasiwa? Mengapa mereka begitu anarkis?

Aku tertunduk malu dihadapan teman-teman dari provinsi lain. Saat seorang nyeletuk, “Gitu yach Makassar mas?” Aku tersenyum kecut. Untuk sejenak aku malu berasal dari Makassar.

0 komentar:

Posting Komentar

konro soup project /

My Colorful Life

My Colorful Life