Kamis, 17 Juli 2008

Kaya Mendadak

Seperti sore-sore sebelumnya, kalo jam udah nunjukin setengah lima, sudah saatnya aku siap-siap pergi maen basket. Sesaat sebelum berangkat, Ibu manggil sambil senyum-senyum. Ternyata, uang dari Bumiputra udah keluar. Jumlahnya sekitar 2.000.000 lebih. Jata buatku sendiri sebesar 1,9 juta. Tapi itupun udah syukur banget. Sayangnya, belum keluar dari kamar, ibu udah wanti-wanti agar uangnya dipakai buat kursus mobil. Lucu, soalnya kita sendiri ga punya mobil.

Tapi ibu udah ngebet agar aku bisa pintar belajar mobil. Siapa tau aja nanti ada mobil. Sebagai anak saleh aku nganggukin. Saat itu juga lansung nelepon tempat kursus mengemudi ternama di Makassar. Namanya juga ternama, pasti biayanya bikin kuping sakit ma jantung berdegup. Dimana-mana juga demikian. Mau sekolah, rumah sakit, biaya pesawat sampai rumah makan, kalo mau yang bagus ya harus bayar mahal. Budaya bangsaku.

Ga maen-maen. Biayanya sekitar Rp. 540.000. Dengan jumlah pertemuan sekitar 15 hari. Bandingkan dengan biaya kul ku per semester yang hanya Rp. 400.000 dengan jumlah pertemuan sekitar 5-6 bulan atau sekitar 150 hari setelah di diskon karena ada hari libur. Jadi kepikiran, ada bagusnya jadi guru mengemudi aja. Gajinya jauh lebih besar dari pegawai. Wajarlah, modalnya juga lumayan besar. Harus punya mobil plus siap rugi kalo kendarananya ditabrakin ma murid. Orang bijak bilang: Mau mancing Ikan besar, Umpannya juga harus yang besar.

Berita bagus soal uang ga berhenti sampai di situ. Habis maen, dua orang temen sms, plus doi yang nelepon. Katanya beasiswanya udah keluar. Lansung cek di ATM. Sayangnya, yang bikin kuping kepanasan pas denger jumlahnya. Cuman Rp.543.000 dari yang seharusnya Rp. 1,2 juta. Harus ada penjelasan nih. Kalo enggak, pasti bakalan ada demo lagi.

Habis magrib. Lansung tancap gas motor cari ATM BNI terdekat. Pas di cek, Ternyata benar. Uangnya cuman Rp.540.000. Ga apalah. Itupun sudah syukur. Satu yang aku rasakan, ternyata narik uang dari kartu ATM pribadi itu rasanya agak lain. Ada aura kesombongan nya pas diliatin ma orang luar pas keluar dari ATM bawa duit lumayan banyak. Entah ma orang lain. Namun yang pasti aku rasakan begitu. Mungkin karena baru pertama kali. Norak, tapi biarin.

Terlepas dari situ, satu yang pasti saat ini. Aku jadi kaya mendadak. Entah bagi orang lain. Tapi bagi mahasiswa seperti aku, uang Rp. 1,9 juta dari Bumiputera plus Rp. 540.000 dari Beasiswa DEPAG. Membuatku aku serasa menjadi jutawan. Nyamanna.

NB: Akhirnya bisa merasakan narik uang dari kartu ATM sendiri di umur yang ke-20.

0 komentar:

Posting Komentar

konro soup project /

My Colorful Life

My Colorful Life